PARA TOKOH BICARA KEMENANGAN TIMNAS INDONESIA.

 Ribuan suporter bersukacita merayakan gol penentu yang dicetak Cristian Gonzales ke gawang Filipina dalam semifinal Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (19/12/2010). Indonesia akhirnya melaju ke final Piala AFF setelah menang dengan agregat 2-0 atas Filipina, dan akan melawan Malaysia pada 26 dan 29 Desember mendatang, kemenangan Timnas Indonesia mengundang decak kagum, ekspresi dari tokoh-tokoh publik di Indonesia; berikut ini beberapa komentar dan ekspresi menyambut kemenangan Gonzales Dkk.

ANAS URBANINGRUM : Saatnya "Invasi" Malaysia
Saatnya "menginvasi" (menyerbu) Malaysia. Bukan dengan bedil atau meriam, tapi dengan harga diri, kepercayaan diri, dan kemampuan terbaik dalam sepak bola,  lalu menorehkan sejarah Piala AFF yang dulu bernama Piala Tiger.
Tepatnya tanggal 26 Desember nanti, pada partai pertama final Piala AFF 2010, Indonesia harus merebut modal sebesar-besarnya agar pada pertarungan kandang tanggal 29 Desember lebih ringan. Modal itu tentunya berupa nilai, lebih jelasnya kemenangan. Tampil indah sepanjang babak penyisihan dan semifinal, Indonesia punya segalanya untuk juara Piala AFF pertama kalinya.
Indonesia sudah memberi pelajaran kepada Malaysia. Di babak penyisihan Grup A, "Garuda" menghajar Malaysia 5-1. Itu bukan kebetulan, karena kemudian Indonesia memamerkan kehebatan dan keperkasaan lainnya dengan membantai laos 6-0, menundukkan Thailand 2-1, dan dua kali menekuk Filipina 1-0 (agregat 2-0). Seperti ajakan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, jadikan stadion di Malaysia menjadi seperti Senayan. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia sangat banyak. Belum lagi, banyak suporter yang akan datang langsung ke Kuala Lumpur untuk memberi dukungan kepada Firman Utina dkk.
"Tinggal kita ngluruk ke KL. Mari kita jadikan KL menjadi terasa di Senayan. Saatnya Merah Putih berkibar penuh martabat di Malaysia. Bisa!" tulis Anas di akun Twitter, Minggu (19/12/2010) malam. Melawan Malaysia bukan sekadar urusan sepak bola. Tak bisa dipungkiri, semua catatan konflik kultural-sosial-politik akan muncul menjadi energi tambahan.  Malaysia pun sudah pasti juga demikian. Kampanye pengganyangan oleh pemerintahan Soekarno tak pernah hilang dari ingatan mereka. Itu pula sebabnya, ada sinisme tersembunyi dari Malaysia kepada Indonesia. Sebaliknya, pencurian seni dan budaya, kekerasan terhadap TKI di sana, pelecehan simbol negara, juga akan menjadi pemicu motivasi Indonesia.Tapi, sepak bola sudah sebaiknya menjadi wahana persahabatan, bukan pemicu konflik. Bahkan, akan menjadi lebih baik jika sepak bola meredam segala konflik, menyalurkan semua energi negatif ke dalam permainan bola bulat, lalu persahabatan menjadi erat.

"Serbulah" Malaysia pada 26 Desember, Garuda! Indonesia bisa juara!

SBY : ALHAMDULILLAH
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersyukur, tim nasional Indonesia dapat melaju ke babak final Piala AFF 2010 setelah mengalahkan tim nasional Filipina dengan skor agregat 2-0. Indonesia akan melawan Malaysia pada babak final. "Alhamdulillah, kita bisa masuk final. Anak-anak kita bermain baik. Serangan ada, pertahanannya kuat," kata Presiden kepada para wartawan seusai menyaksikan laga semifinal leg kedua Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/12/2010).Presiden selanjutnya meminta agar tim "Garuda" jangan lengah. "Konsentrasi untuk masuk final bersama Malaysia. (Saya) minta doanya supaya menang," kata Presiden. Lantas, bagaimana dengan apresiasi para pemain? "Ada. Nanti ada saatnya," kata Presiden seraya berlalu.

ANI YUDHOYONO : MELONJAK KEGIRANGAN
Pertandingan leg kedua Indonesia vs Filipina untuk memperebutkan tiket ke final Piala Suzuki AFF 2010 berjalan begitu menegangkan dan dalam ritme yang cepat. Beberapa kali timnas Indonesia mendapat peluang melesatkan bola ke gawang Filipina. Namun berkali-kali pula timnas gagal sebelum akhirnya striker Cristian Gonzales mencetak gol pada menit ke-43. Setiap terjadi kemelut di gawang Filipina, susana pun menjadi riuh rendah. Hal tersebut tampak pula di tribun VVIP, tempat rombongan Presiden. Tampak Ibu Ani Yudhoyono sampai berdiri melonjak-lonjak saat terjadi kemelut pada menit ke-22. Saat itu, Okto mendapat kesempatan melesatkan tendangan ke gawang Filipina. Sayang, bola akhirnya melambung di atas mistar gawang. Sementara itu, reaksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak seheboh Ibu Ani. Pertandingan kali ini memang menentukan apakah Indonesia bisa melaju ke babak final atau tidak. Indonesia minimal harus menahan imbang Filipina jika ingin melaju ke final melawan Malaysia. Saat berita ini ditulis, Indonesia unggul 1-0.

ALFRED RIEDL : KEMENANGAN TERBERAT
Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF antara timnya dan Filipina, Minggu (19/12/2010), adalah yang terberat bagi timnya sejak penyisihan grup ajang ini. Ia pun mengaku puas dan lega, karena kerja timnya berbuah kemenangan 1-0 (agregat 2-0) dan tiket final. "Tadi adalah pertandingan terberat bagi kami. Mereka sangat kuat dan tinggi. Sepak pojok dan lemparan ke dalam mereka cukup berbahaya," kata Riedl kepada wartawan usai pertandingan.Lebih lanjut, Riedl juga menilai, timnya sempat tampil grogi pada babak kedua. Pelatih asal Austria itu juga menyangkan timnya tidak bisa memperbesar keunggulan."Padahal kami memiliki banyak peluang, tapi pertandingan tadi memang sulit," tukas Riedl.Gol tunggal kemenangan Indonesia pada laga tersebut dicetak oleh Cristian Gonzales pada menit ke-42. Gonzales juga merupakan pencetak gol pada leg pertama.

Nurdin Halid : Bagikan Bonus Rp2,5 miliar!!! 
 Lolosnya tim nasional Indonesia ke final Piala AFF 2010 langsung mendapatkan guyuran bonus besar. Tim Merah Putih mendapatkan bonus sebesar Rp2,5 miliar."Malam ini langsung akan saya berikan bonus itu. Ya, besarnya Rp2,5 miliar," kata ketua umum PSSI Nurdin Halid di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Nurdin sebelumnya mengungkapkan pihaknya sudah mempersiapkan bonus hingga Rp5,5 miliar bagi skuat timnas Indonesia. Bonus itu dirinci Rp2,5 miliar jika lolos ke babak final, dan tambahan Rp3 miliar jika sukses merengkuh gelar juara.

HARI (34) SUPPORTER : GONZALES ITU PAHLAWAN BUAT INDONESIA
Penyerang tim nasional indonesia, Cristian Gonzales, dinilai sejumlah suporter sebagai orang paling berjasa membawa tim "Garuda" ke final Piala AFF 2010. Pasalnya, Gonzalez adalah satu-satunya pemain yang mencetak gol-gol kemenangan Indonesia atas Filipina pada semifinal.
Laga semifinal Indonesia-Filipina digelar dua kali, di Gelora Bung Karno, yaitu pada 16 dan 19 Desember. Pada dua kesempatan itu, Gonzales selalu mencetak gol, sehingga Indonesia lolos dengan keunggulan agregat 2-0."Bagi saya, Gonzales itu pahlawan buat Indonesia, walaupun cuma menang satu kosong, saya puas dengan penampilan dia bersama Indonesia," kata seorang suporter, Hari (34) usai laga semifinal kedua."Walaupun dia bermain untuk Persib Bandung, tapi melihat permainan dia (Gonzales) untuk Indonesia, saya mendukungnya habis-habisan," kata salah seorang suporter.

Bagus Netral : Bangga 'Garuda di Dadaku'

"Lagu ini buat kalian semua, kita bangga dengan bangsa Indonesia yang saat ini sedang bagus sepakbolanya," tutur Bagus.Usai konser Bagus pun menceritakan kebanggaannya lagu 'Garuda Didadaku' menjadi lagu wajib para suporter bola untuk menyemangati Timnas."Bangga banget dan  syok. Kita nggak nyangka lagu 'Garuda Didadaku' ini  bisa jadi item pas lagi musim bola. Saya terharu orang di dalam stadion nyanyiin lagu 'Garuda di Dadaku' dengan serempak," ujar Bagus.






JOKO DRIYONO : PSSI MEMINTA MAAF.. 
 "Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, panitia juga meminta maaf atas penyelenggaraan ini. Kami sudah bekerja semaksimal mungkin. Tentu saja ada kekurangan sana-sini," kata Ketua Panitia Lokal (LOC) Piala AFF 2010, Joko Driyono dalam keterangan persnya di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.Untuk itu, PSSI akan mengevaluasi secara keseluruhan agar laga final pada 29 Desember 2010 nanti berjalan dengan baik. "Ini akan menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi kami," ujarnya.Selain itu, Joko berharap masyarakat bisa memaklumi. Sebab, permintaan tiket melebihi batas yang telah ditentukan."Ini murni besarnya permintaan dari masyarakat yang ingin menonton. Tapi kami tidak bisa mengakomodasi semua karena terbatasnya kapasitas stadion," jelasnya

FABREGAS: NIKMATI KEMENANGANMU, INDONESIA!
Kapten Arsenal, Cesc Fabregas, ikut memberi perhatian khusus kepada kiprah Indonesia pada semifinal Piala AFF 2010. Dia memberi ucapan khusus kepada Indonesia yang sukses ke babak final setelah menang 1-0 pada leg kedua atau 2-0 secara agregat.Fabregas sudah mengikuti kiprah Indonesia sejak sebelum pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dimulai. Lewat akun Twitter-nya, dia berharap pertandingan akan menarik."Aku harap pertandingan antara Indonesia dan Filipina berlangsung menarik dan menghibur. Sukses kawan, aku akan mencoba menyaksikannya," kata Fabregas.Pertandingan itu memang disiarkan langsung oleh Star Sports. Jadi, sangat mungkin Fabregas menyaksikannya karena dia sedang libur bertanding. Partai Arsenal-Stoke City yang sedianya digelar pada Sabtu (18/12/2010) dibatalkan karena hujan salju. Oleh sebab itu, dia mendapat hiburan tersendiri dari partai Indonesia vs Filipina.Setelah Indonesia menang, Fabregas langsung bereaksi. Dia menulis di akun Twitter-nya lagi dan memberi ucapan selamat kepada Firman Utina dkk dan seluruh rakyat Indonesia."Congratulations to all the indonesian football fans for their win. Enjoy! (Selamat kepada semua suporter sepak bola Indonesia atas kemenangan timnya. Nikmatilah)" tulisnya di Twitter.

Ryan Babel : "Sekali lagi selamat kepada Indonesia dan Irfan Bachdim
 Tanggal 19 Desember adalah ulang tahun penyerang Liverpool, Ryan Babel, untuk kali ke-24. Sementara itu, dia tak melupakan pertandingan Indonesia lawan Filipina pada semifinal kedua Piala AFF 2010. Bahkan, dia tampak terhibur dan memberi ucapan selamat kepada Indonesia.
 Babel yang juga rekan striker Irfan Bachdim tak lupa memberi selamat kepada rekannya itu. Lewat akun Twitter-nya, Babel menyampaikan ucapan selamat.Sebelumnya, Babel sudah memberikan ucapan selamat kepada Indonesia karena menang pada leg pertama. Kini, dia mengatakan, "Sekali lagi selamat kepada Indonesia dan Irfan Bachdim," kata pemain asal Belanda tersebut.

RIO FERDINAND: SELAMAT INDONESIA!
Kapten dan defender Manchester United (MU), Rio Ferdinand, memberi ucapan selamat kepada timnas Indonesia yang sukses masuk final Piala AFF 2010 setelah mengalahkan Filipina 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (29/12/2010).Ferdinand mengaku kecewa karena pertandingan MU lawan Chelsea, Minggu (19/12/2010), harus ditunda karena badai salju. Menurutnya, itu membuat akhir pekannya menjadi tak indah.Namun, kekecewaannya terhibur karena Indonesia bermain bagus pada semifinal Piala AFF 2010 lawan Filipina. Bahkan, dia memberi ucapan khusus kepada Firman Utina dkk.Lewat akun Twitter-nya, Rio Ferdinand mengatakan, "Just in the break for Snow White, I see from the twitfam Indonesia have got to the final, congratulations! Ice cream time!!" Maksudnya, di saat libur kompetisi karena hujan salju, dia bisa sedikit terhibur dengan mendengar kabar bahwa Indonesia masuk final Piala AFF. Dia mendapat kabar itu dari Twitter. Dia pun langsung memberi ucapan selamat kepada Indonesia dan menurutnya ini saatnya makan es krim.

Julia Perez ( Jupe): di Dadaku Ada Garuda
Ada yel-yel khusus yang akan dipersembahkan Julia Perez (Jupe) kepada timnas Indonesia saat laga kedua semifinal Piala AFF 2010, Minggu (19/12/2010). "Garuda di Dadaku" akan ia nyanyikan dengan spesial plus desahan."Ada, Mas. Aku akan nyanyikan yel-yel lagu 'Garuda di Dadaku' (dari band Netral) ala Jupe... dengan pakai 'desahan' untuk dukung timnas," ujar Jupe sambil tertawa bercanda.Jupe mengaku sangat mendukung tim nasional pada setiap pertandingannya. Bahkan, khusus Indonesia melawan Filipina nanti, Jupe telah mempersiapkan skor 5-0 untuk Indonesia, yang diramalkan akan memenangkan Indonesia nanti."Sudah pasti dong aku pegang Indonesia 5-0. Soalnya 'di dadaku' selalu ada Garuda dong," ungkap Jupe. Sebagai tanda dukungan, Jupe pun mengatakan akan secara langsung menonton pertandingan tersebut di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, bersama Gaston dan beberapa pelajar dari sekolah sepak bola miliknya. "Aku sudah ada tiket nih, nanti aku bareng anak-anak sepak bolaku dan tentunya bareng Abang Gaston, dong," ungkapnya. Mengenai adanya beberapa pemain dari Indonesia yang cedera dalam beberapa pertandingan lalu, Jupe memandang bahwa hal itu sudah pasti kekuasaan dari sang pelatih karena dia lebih mengerti."Aku ngertinya bahwa mereka harus berjuang sampai titik darah penghabisan. Pokoknya doa Jupe akan selalu menyertai timnas deh," desahnya.

 JULIA PEREZ, MANOHARA, DAN CICI PARAMIDA : BERPELUKAN KETIKA CRISTIAN GONZALES BERHASIL MENCETAK GOL
Sepak bola mempersatukan semua lapisan masyarakat. Pada leg kedua semifinal Piala AFF 2010, Indonesia melawan Filipina, Minggu (19/12/2010) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tribun yang sedianya diperuntukkan bagi media akhirnya disesaki oleh penonton yang tak kebagian tempat duduk. Tak terkecuali, di sana ada sejumlah artis Ibu Kota, seperti Julia Perez, Manohara, dan Cici Paramida. Para wartawan pun akhirnya mengalah. Ratusan pemegang tiket yang tak mendapat tempat duduk akhirnya masuk ke dalam tribun media. Saking sesaknya, para wartawan hampir kesulitan sekadar untuk berdiri dan duduk. Bersama-sama, semua penonton kompak memberikan semangat kepada tim nasional. Cici dan Manohara, yang duduk bersebelahan, sama-sama berpelukan ketika Cristian Gonzales berhasil mencetak gol pada babak pertama. Ketika pemain Filipina mencoba menjegal pemain Indonesia, mereka pun kompak menghujat. Jupe, yang berada di barisan paling depan tribun wartawan, tampak antusias menyemangati tim "Merah Putih". Ia tampak didampingi kekasihnya, Gaston, yang juga pemain sepak bola.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESENSI SUPERVISI PENDIDIKAN

PENDIDIKAN DI AMERIKA LATIN DARI KOLONIALISME HINGGA NASIONALISME oleh Tuah Manurung

21 Pacar Ronaldo